RSS

Mengenal Internet -sharing-

14 Mar

Internet (interconnected-networking) memiliki pengertian sebuah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket. Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Dahulu, Internet bernama ARPANET, yang digunakan angkatan bersenjata USA untuk  berkomunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.

Awal mula saya mengenal internet mungkin sekitar saat saya di bangku SMP. Saat itu, saya tau internet dari browsing-browsing website. Dari tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah, saya mencari bahan tugas tersebut di internet. Dengan bantuan materi dari sebuah internet itulah tugas saya terselesaikan. Dari kecil saya suka dengan dunia networking, maka dari itu saya suka browsing sendiri, suka mengexplore hal yang ingin saya tau. Internet memiliki banyak situs-situs yang berguna bagi netter. Diantaranya situs-situs web berita, mesin pencarian, situs jejaring sosial, situs web komunitas tertentu, dan lain sebagainya. Internet menyediakan berbagai macam hal yang dapat saya explore. Bermula dari ikut-ikut teman membuat akun situs jejaring sosial Friendster, saya mulai mengekspesikan diri saya ke dalam situs tersebut. Mengedit-edit tampilan, menambah teman dari friendster, hingga saya mengenal facebook, kaskus, dan twitter sekarang, saya tambah mengenal dunia maya sekarang. Saya pribadi juga hobi menulis / menumpahkan  apa yang saya pikirkan ke dalam sebuah tulisan. Untuk itulah saya memutuskan membuat sebuah blog di blogspot awalnya. Belum sampai situ saya menulis di blogspot, saya beralih membuat akun blog lagi dengan wordpress. Saat mendaftarkan akun blog blogspot, saya harus terlebih dahulu memiliki akun email google atau yang lebih dikenal dengan GMail. Sedangkan untuk membuat akun di wordpress, saya bisa menggunakan alamat akun email Yahoo! saya yang lama. Saya sendiri mau menulis bila ada mood untuk menulis dan bila ingin memposting tulisan ke blog memerlukan waktu yang cukup lama, menunggu ada ide dan waktu yang pas.

internet

internet

Dari internet pula, saya bisa browsing sesuatu yang berhubungan dengan hobi saya. Sampai pada perkuliahan sekarang, saya mengenal membuat website sendiri. Saya mengenal bagaimana membuat web sendiri melalui bantuan beberapa teman. Sepengetahuan saya, membuat web itu tidak sembarang membuat, tetapi masih butuh unsur pendukungnya. Bahasa pemrograman pendukung web. Seperti bahasa pemrograman Java, PHP, HTML, MySQL, Oracle, dan sejenisnya. Bahasa pemrograman Oracle, dan MySQL adalah contoh untuk pembuatan database dalam suatu website. Misalnya database untuk file penyimpanan suatu artikel yang telah kita posting ke dalam blog pribadi kita. Nanti dalam blog kita, terdapat beberapa arsip file bulan ini, bulan lalu, dan bulan kemarin. Arsip-arsip tersebut akan dikelola oleh system, dan kita bisa mengaturnya mau ditampilkan arsip-arsip sebelumnya atau tidak. Itu semua dapat kita dapatkan bila memahami konsep system pemrograman database seperti MySQL, dan Oracle tersebut. Lain hal dengan Java, PHP, atau HTML. Ketiga bahasa pemrograman tersebut adalah unsur utama pembentuk suatu web, singkatnya untuk halaman sebuah situs website. Java, PHP, HTML berbentuk fisik koding atau sejumlah perintah pembentuk struktur/kerangka untuk pembuatan halaman web. Mulai dari pembentukan banner, header suatu halaman web, blok untuk main menu dan submenu, box untuk isi web, sampai footer halaman web berikut dengan feed news untuk mengupdate setiap berita apa yang telah kita upload di dalam web pribadi kita.

Dalam pembuatan web pribadi ini, saya mengenal  aplikasi Joomla, Adobe Dreamweaver. Kedua aplikasi tersebut berbeda penggunaanya. Sebagai contoh, Adobe Dreamweaver  berisi halaman yang bisa diisi dengan pembuatan kerangka web dengan sebuah table pembentuknya, dari tabel tersebut, saya bisa membuat header, banner, header, block untuk submenu, bahkan untuk flash button sekalipun. Walaupun butuh waktu yang cukup lama untuk mendesign sempurna sesuai dengan tampilan yang saya inginkan. Sedangkan, untuk Joomla, saya hanya meng-install  Package Joomla installation nya, kemudian diisi beberapa form yang akan tertampil kemudian. Package Joomla yang saya ketahui sudah lengkap dengan perangkat-perangkatnya. Misalnya untuk FTP, MySQL database, hingga system untuk menghosting online ke internet juga telah tersedia dalam package Joomla yang saya install.

Saya juga bisa mengakses internet dari ponsel menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload. Internet adalah sahabat setiap orang saat ini, karena internet sekarang merupakan kebutuhan bagi setiap individu. Tergantung bagaimana kita bisa memilih mana situs yang baik untuk dikunjungi dan dinikmati.

 
Leave a comment

Posted by on March 14, 2011 in Artikel, Kuliah

 

Leave a Reply

 
