RSS

Mulai Hidup Sehat dengan Air Putih

06 Dec

Minumlah air putih 8 gelas sehari. Hanya 8 gelas?? Apa cukup buat seorang manusia yang beraktifitas seharian??

 

Mau hidup sehat??

Hidup sehat sangat diharapkan oleh semua kalangan masyarakat di dunia. Semua pekerjaan dengan kondisi tubuh yang tidak fit, akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi terganggu karena selesai dengan setengah jalan. Air putih, salah satu pelengkap dari cara hidup sehat selain mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan air putih, kita dapat memperoleh manfaat yang begitu banyak. Tetapi dari air putih pula, kita dapat merasakan kerugiannya.

Berikut tips hidup sehat dan hal-hal yang harus dihindari dalam mengkonsumsi air putih.

1. Tidak dianjurkan minum di sela-sela makan

Saat makan, banyak orang kemudian minum di sela-sela makan, entah supaya tidak seret atau karena alasan lain. Tetapi kenyataannyadak dianjurkan minum di sela-sela makan, karena pada saat makan,  makanan akan dicerna dan diolah di dalam lambung dengan bantuan cairan lambung yang akan melarutkan makanan dan mengedarkannya sari pati makanan ke seluruh tubuh.

Jika orang minum air di sela-sela makan, air putih bisa mengurangi cairan lambung untuk mencerna makanan, dan kemungkinan besar bisa menyebabkan buang air besar tidak lancar dan tidak tercernanya makanan secara sempurna di dalam lambung.

Untuk menghindari banyak air putih yang diminum saat makan, disarankan beri jarak minum  ½ – 1 jam sebelum/sesudah makan.

2. Jangan minum berlebihan, tapi bertahap

Kebanyakan orang setelah melakukan aktifitas seharian, merasa haus yang sangat sangat dan menjadikan seseorang dehidrasi karena kekurangan cairan. Setelahnya, orang tersebut akan minum air 1 botol dalam sekali teguk. Mengkonsumsi air dalam sekali teguk tidak dianjurkan sama sekali, karena dengan minum air secara bertahap akan lebih terasa manfaatnya dibanding minum air putih langsung sekali teguk. Hanya untuk menghilangkan rasa haus sesaat. Disarankan untuk minum air putih sebelum tidur dan bangun tidur 1 gelas secara bertahap.

3.  Kalau minum, lebih baik duduk, JANGAN berdiri

Air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk akan disaring oleh sfringer.
Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos- pos penyaringan yang berada di ginjal.

Nah jika kita minum berdiri, Air yang kita minum tanpa disaring lagi akan langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah buang air kecil itulah penyebabnya.

4.  Cari tau seberapa cukupnya cadangan air dalam tubuh

Periksalah urine. Kalau warnanya agak muda seperti sari lemon, berarti tubuh punya cukup cadangan air di dalam tubuh. Tetapi kalau urine berwarna pekat/keruh, berarti tubuh kita kekurangan air.

5.  Minum air putih bisa meningkatkan mental dari kinerja otak

Kalau melihat orang yang gampang marah, depresi, stress, berarti termasuk yang KURANG MINUM.

6.  Minum air sesuai kebutuhan

Minumlah air 8 gelas perhari. Itu semua cuma formalitas. Tetapi apakah cukup untuk mengimbangi aktifitas keseharian kita? Minumlah air putih sesuai kebutuhan, karena makin banyak aktifitas, makin banyak air yang dibutuhkan.

Jadi, konsumsilah air putih sebijak mungkin, hindarilah minum sambil berdiri, dan jangan batasi minum air putih selama tubuh membutuhkannya.

Sumber : spotlite

 
Leave a comment

Posted by on December 6, 2011 in Artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: